Temukan Harga Timbal Radiologi yang Kompetitif Pilihan Terbaik!

Temukan Harga Timbal Radiologi yang Kompetitif Pilihan Terbaik! – Pada sebuah rumah sakit yang memiliki ruang radiologi, permasalahan soal radiasi perlu diperhatikan. Saat merancang suatu ruangan radiologi hendaklah ruangan tersebut tidak menyebarkan radiasi ke hal lain. Hal tersebut dapat diatasi dengan adanya timbal. Berikut adalah pembahasan mengenai pentingnya timbal dan harga timbal radiologi saat ini:

Alasan Penggunaan Timbal dan Harga Timbal Radiologi Termurah Hubungi 081288025058

Mengapa Ada Timbal Di Ruang Radiologi?

Dalam rangka menghalau radiasi yang tadi disebutkan dapat membawa efek yang merugikan bagi tubuh manusia. Terdapat satu unsur yang bisa mengurangi terjadinya paparan radiasi, khususnya radiasi pengion yang dikeluarkan oleh sinar X, yakni timbal. Timbal biasa digunakan dalam perisai radiasi yang ada dalam suatu ruangan yang terdapat radiasi seperti ruang radiologi dengan fungsi sebagai berikut:

1. Sebagai Kaca Radiologi

Dalam upaya menurunkan kemungkinan adanya paparan radiasi yang dihasilkan dari proses penyinaran seperti menggunakan X-ray, peranan timbal sangat penting. Berdasarkan beberapa penelitian, timbal diketahui dapat menyerap sinar radiasi yang dihasilkan oleh sinar X yang dikeluarkan oleh X-Ray dalam bentuk kaca timbal. Kaca timbal memiliki beberapa unsur yang terdapat didalamnya.

Daya serap kaca timbal akan bergantung kepada seberapa besar penampang linear total dari unsur pembentukan kaca timbal. Selain itu tingkat penyerapannya juga bergantung pada hal lain seperti massa jenis, jumlah molekul dan lainnya. Sehingga perlu diketahui volume dan massa jenis yang spesifik dari kaca. Harga timbal radiologi berbentuk kaca ini beragam dan banyak jenisnya di pasaran.

2. Digunakan sebagai Perisai Radiasi

Perisai Radiasi sangat diperlukan dalam menerapkan sistem keselamatan dari bahaya radiasi. Berkat adanya perisai radiasi yang dapat menyerap tingkat paparan radiasi yang dipancarkan dalam ruang radiologi, intensitas radiasi yang masuk ke tubuh dapat berkurang. Ketika perisai radiasi menerima radiasi makan radiasi tersebut dapat diserap oleh bahan yang menjadi perisai radiasi.

Tingkat efektivitas dari perisai radiasi tergantung dari beberapa hal termasuk bahan apa yang dipakai. Pada kasus ini, bahan dalam perisai radiasi adalah Timbal (Pb) yang efektif menyerap sinar yang dihasilkan dari penyinaran panoramik. Efektivitasnya juga cukup tinggi dengan tingkat keefektifan mencapai 99,33%. Hasil tersebut diperoleh melalui penelitian yang dilakukan oleh Martem dkk pada tahun 2015.

3. Melindungi dari Paparan

Biasanya ruangan radiologi terdapat pada suatu rumah sakit yang didalamnya banyak sekali pasien, perawat, dokter, serta orang berkepentingan lainnya. Jika ruangan radiologi tersebut tidak diperhatikan dengan baik dalam hal upaya penanganan radiasi yang ditimbulkan bukan tidak mungkin orang sekitar akan mudah terpapar.

Hal sebaliknya terjadi jika perancangan ruang radiologi dilaksanakan berdasarkan standar yang ditetapkan. Paparan radiasi yang terjadi bisa diminimalisir sekecil mungkin hingga tidak ada sama sekali. Dengan begitu, orang di sekitar rumah sakit dapat aman dan terhindar dari paparan radiasi yang bisa mengganggu kesehatan.

4. Sebagai Pelapis Dinding

Salah satu aturan yang mengatur tentang bagaimana perisai radiasi dibuat adalah menggunakan pelapis yang terbuat dari timbal. Hal ini karena timbal saja tidak cukup untuk menahan radiasi. Desain yang dibuat untuk ruang radiologi harus benar-benar memenuhi standar yang dikeluarkan oleh BAPETEN, minimal adalah bahan dari 2 milimeter timbal atau bahan lain yang setara.

Adapun bahan lain yang digunakan sebagai bahan pendamping untuk menangkal radiasi bersama timbal 2 mm tersebut adalah beton setebal 15 cm. Bisa juga mengganti beton dengan batu bata setebal 25 cm. Hal ini dilakukan dalam upaya mengurangi paparan radiasi yang terjadi dengan pekerja sekitar maupun masyarakat. 

5. Mencegah Efek Samping Radiasi

Radiasi yang diakibatkan oleh sinar-x bisa menyebabkan berbagai macam penyakit yang bisa mengganggu kesehatan makhluk hidup. Sinar-x sendiri mengandung radiasi ion yang bisa saja mempengaruhi atom-atom yang terdapat pada makhluk hidup yang berakibat hingga rusaknya jaringan DNA pada tubuh. Nah rusaknya DNA tersebutlah yang menjadi cikal bakal terbentuknya sel-sel kanker kelak.

Ketika sinar-x dikeluarkan, sinar tersebut tidak seluruhnya terserap pada target yang diinginkan saja. Akibat dari itu, radiasi bisa menyebar dan terserap pada orang-orang di sekitarnya. Berkat adanya penemuan bahwa timbal bisa mengurangi radiasi atau bahkan menangkalnya, kini timbal digunakan pada ruang radiologi.

Pemasangan Timbal Radiologi

Ruangan radiologi merupakan ruang tempat dimana biasanya terdapat mesin x-ray. Benda tersebut merupakan mesin pemancar sinar -x yang berfungsi dalam melihat kondisi tubuh bagian dalam seseorang yang sulit dilihat dengan mata manusia dari luar. Pada penggunaan x-ray tersebut bukan tanpa resiko, terdapat bahaya yang mengancam kesehatan berupa radiasi.

Radiasi inilah yang harus dikurangi agar tidak terlalu menyebar dan menyebabkan orang yang tidak memerlukannya ikut terkena. Sebab jika radiasi terlalu sering atau terlalu banyak diserap, dapat menjadikan suatu bahaya pada tubuh makhluk hidup. Salah satu contoh akibat paparan radiasi lebih adalah adanya kanker.

Dalam manfaat timbal sebelumnya sudah dibahas bagaimana timbal mempunyai beberapa manfaat yang diantaranya adalah dalam mengurangi radiasi. Manfaat tersebut memang benar diterapkan pada dunia nyata salah satunya pada ruang radiologi. Pada perancangan ruangan radiologi pertimbangan untuk menggunakan timbal sebagai pelapis sering menjadi perhatian.

Pada Pemasangannya timbal radiologi tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Terdapat pengukuran khusus yang nantinya dapat mengukur tingkat kerapatan layer. Kerapatannya mempengaruhi keefektifan radiasi yang diserap. Lapisannya juga harus dibuat sedemikian rupa agar rata dan juga dilakukan uji terlebih dahulu agar diketahui sejauh mana keefektifan dari pemasangan timbal.

Untuk keamanan lebih, pada area penggunaan rontgen juga disematkan suatu sensor radiasi. Sensor ini bisa dipantau area ruang pengawas guna mencari tahu ada tidaknya kebocoran radiasi yang terjadi. Namun, jika terpantau ada radiasi yang bocor petugas akan langsung menanganinya dengan kostum khusus dan obat agar menghindari radiasi ringan.

Kisaran Harga Timbal Radiologi

Timbal radiologi memiliki banyak jenis, mulai dari alat-alat medis seperti teknologi dalam CT Scan, Cath Lab, MRI, hingga Radiotherapy. Ada juga yang berupa kaca anti radiasi yang diimplementasikan dalam monitor, jendela dan juga pintu pada ruang radiologi. Harga timbal radiologi tersebut bisa berbagai macam sesuai dengan ukuran, model serta kustomisasi yang diinginkan pemesan.

Timbal radiologi sendiri bisa berharga di sekitar ratusan ribu sampai dengan jutaan rupiah penjual. Belum lagi biaya pemasangannya, karena pemasangan timbal radiologi ini cukup rumit juga diperlukan orang yang handal dan berpengalaman untuk memasangnya.

Untuk ruang radiologi sendiri, pemasangan timbal radiologi tidak bisa sembarangan dan ketebalannya juga telah diatur. Untuk harga timbal radiologi kami menyediakannya dengan standar dari BAPETEN dan tentunya murah meriah namun tetap dengan kualitas yang maksimal.

Nah itulah kira-kira pembahasan mengenai bagaimana pentingnya timbal dan harga timbal radiologi yang ada dipasaran saat ini. Untuk mendapatkan timbal radiologi dengan harga miring dan tentunya dengan kualitas yang terjamin berstandar BAPETEN bisa langsung hubungi kami melalui 081288025058.

PEMESANAN

Silahkan hubungi kami untuk pemesanan dan juga konsultasi mengenai Harga Timbal Radiologi Termurah Dengan Material Terbaik melalui nomor di bawah ini :

LUKMAN NH
HP/WA 081 288 025 058
E-MAIL Lukman@lukman.co.id

Atau Klik Banner Dibawah

Temukan Harga Timbal Radiologi yang Kompetitif Pilihan Terbaik!

Info terkait:

Alasan Penggunaan Timbal dan Harga Timbal Radiologi Termurah Hubungi 081288025058

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *