Berikut Ulasan Ruang Isolasi Bertekanan Negatif, Selengkapnya!

Berikut Ulasan Ruang Isolasi Bertekanan NegatifPenyebaran virus Corona secara global saat ini sudah banyak menimbulkan korban jiwa, terhitung dari bulan desember 2019 hingga saat ini di tahun 2021. Sejumlah cara pencegahan seperti ruang isolasi bertekanan negatif juga telah dibangun. Hal tersebut dilakukan pemerintah untuk menghentikan segala bentuk penularan yang bisa terjadi, berikut ulasan selengkapnya.

Berikut Ulasan Ruang Isolasi Bertekanan Negatif, Selengkapnya!

Apa Itu Ruang Isolasi Bertekanan Negatif?

Salah satu cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam mencegah penularan dan penyebaran dari virus corona dengan mendirikan ruangan tekanan negatif. Berarti ruangan tersebut memiliki sedikitnya tekanan berbeda dengan keadaan diluar. Saat ini nama ruang isolasi lah yang dikenal oleh masyarakat. Padahal pemakaiannya hanya diperuntukkan untuk pasien COVID-19.

Nah, hal tersebutlah yang seharusnya bisa dibedakan oleh publik, meskipun begitu karena pandemi yang melanda membuat banyak orang berfokus pada masalah isolasi. Penggunaan ruang hanya berisikan pasien penderita COVID-10, baik mempunyai gejala dan tanpa gejala.

pembuatan ruangan tersebut dilakukan agar dapat memperbanyak kamar atau ruangan beserta nilai guna di dalamnya. Tujuannya tentu dipergunakan supaya bisa menampung sejumlah pasien dengan berbagai jenis penyakit menular. Sebab itulah, meskipun bukan dikarenakan pandemi ketersediaannya selalu ada pada setiap rumah sakit.

Mengapa disebut sebagai ruang isolasi bertekanan negatif? Itu dikarenakan sifat dari ruangan tersebut mampu menjaga pertahanan berbagai bakteri dan virus yang ada, jadi tidak ada celah untuk masuk ataupun keluar. Hal tersebut tentu akan meminimalisir tingkat resiko penyebaran virus

Jumlah produksi ruang isolasi saat ini terus bertambah seiring banyaknya jumlah pasien yang membutuhkan perawatan lebih lanjut. Pemberian perhatian yang lebih terhadap beberapa orang yang terkena virus adalah hal yang sangat serius. Pemisahan diberlakukan kepada penderita tersebut agar pasien lainnya tidak tertular, sehingga penggunaan kamar tersebut sangat efektif.

Sebenarnya ruang isolasi bertekanan negatif sudah ada sejak dahulu, jauh sebelum pandemi seperti sekarang ini. Selain corona, jenis penyakit yang dapat menular dan berbahaya lainnya yaitu tuberculosis, kolera, HIV, serta MERS. Nah, dari berbagai jenis yang telah disebutkan, semuanya dirawat dalam sebuah ruangan isolasi.

Apakah Ruang Isolasi COVID-19 Harus Bertekanan Negatif?

Hal yang sering ditanyakan tersebut jawabannya adalah iya, mengapa? Sebab sebuah ruangan yang dengan tekanan tertentu dapat menghentikan sejumlah bakteri supaya tetap berada pada ruang tersebut. Memungkinkan pergerakan serta perlawanan yang virus berikan tidak akan bisa menembus dari tempat isolasi. Berikut beberapa hal penting yang sebelumnya harus diketahui yaitu:

1. Pemakaian Filter

Menggunakan HEPA Filter sebagai penyaringan saat adanya udara masuk. Selain itu penggunaanya dapat menjadi alternatif pembersih dari ruangan yang membutuhkan pengaturan khusus. Untuk saat ini mungkin lebih banyak diperuntukkan bagi pasien COVID-19.

Tidak hanya HEPA, Pre dan Medium Filter juga dapat menjadi alternatif lainnya. Hal yang perlu untuk diperhatikan pada klaim HEPA yaitu pengujian secara klinis yang seharusnya dilakukan terlebih dahulu. Pengujian dapat dilakukan di laboratorium yang mempunyai standar  dan ketentuan dalam melakukan tes. Pastikan bahwa hasilnya 99.97 persen terbukti melemahkan virus.

Jumlah persen tersebut sama dengan sebuah ukuran sebesar 0.3 mikron, dimana ukuran tersebut sebesar ultra-mikroskopis. Termasuk ke dalam ukuran dengan kisaran seperjuta meter, dimana keterbatasan alat indra penglihatan manusia tidak dapat melihat bentuk tersebut.

2. Exhaust Fan

Menjadi salah satu alat penting, membuat Exhaust Fan mempunyai kegunaan untuk dapat melakukan perpindahan sirkulasi udara dalam sebuah ruangan. Membuatnya menjadi salat satu alat yang sering diletakkan pada tengah-tengah sekat antara dalam dan luar.

Mempunyai peranan penyerap udara dalam sebuah ruangan yang kemudian dikeluarkan pada saat bersamaan, sehingga membuat fungsinya terlihat menarik. Berikutnya udara baru di luar akan menggantikannya sebelum dilepaskan. Hal tersebut memungkinkan terjaganya kualitas udara, sehingga menjadikan ruangan tampak jauh lebih sehat dan nyaman dengan sirkulasi yang baik.

3. Proses Penyaringan

Dalam sebuah penyaringan terdapat bentuk pemisahan yang terjadi antara udara serta sebaran virus yang telah tergabung. Pada tahap inilah, nantinya akan menciptakan udara bebas  dan nyaman. Jadi proses inilah penentu suatu ruangan sudah dapat dikatakan steril atau tidaknya.

Secara tidak langsung menangkap virus dalam sebuah ruangan agar tidak berkeliaran. Cara tersebut sudah terbukti ampuh dan efektif, karena sebelum adanya COVID-19 penggunaan ruang isolasi sudah dipakai oleh pasien yang mengidap berbagai penyakit menular lainnya.Terdapat beberapa cara kerja yang ada dalam sebuah ruang isolasi di antaranya yaitu:

  • Memanfaatkan HEPA Filter sebagai salah satu penyaring udara yang dapat masuk ke ruangan isolasi.
  • Kontaminasi virus yang terjadi pada udara yang masuk.
  • Memasukkan sejumlah udara melalui Exhaust Fan melalui tahap filtrasi yang berfungsi untuk membunuh bakteri.

Peralatan tambahan lainnya yang diperlukan untuk ruang isolasi bertekanan negatif adalah Magnehelic. Merupakan alat yang digunakan untuk melakukan pengukuran udara, sehingga membantu tenaga medis dalam memeriksa sejumlah tekanan udara. Jadi, jika terjadi perubahan pada ruangan tersebut dapat dilakukan penanggulangan lebih awal.

Tidak hanya itu saja, ruang isolasi juga dilengkapi dengan anteroom yang  berfungsi sebagai penghubung antara pasien dan tenaga medis. Fungsi dari anteroom adalah sebagai tempat airlock yang digunakan oleh pasien yang tengah diisolasi dengan dokter, perawat bahkan pasien lainnya. Ruangan airlock tersebut biasanya terletak bersebelahan dengan ruang pasien.

Pentingnya Ruang Isolasi Memiliki Tekanan Negatif

Berikut Ulasan Ruang Isolasi Bertekanan Negatif, Selengkapnya!

Hadirnya ruang isolasi bertekanan negatif pada sebuah rumah sakit saat ini sangat dibutuhkan karena kasus COVID-19 yang meningkat tiap harinya.Pada pembangunan ruangan tersebut terdapat beberapa hal yang penting untuk diperhatikan sebelum melakukan pendiriannya salah satunya yaitu:

1. Suhu

Kondisi suhu atau temperatur suatu ruangan isolasi harus berkisar 24+2 0c, yang mana merupakan temperatur yang aman bagi pasien. Sejumlah penelitian juga mengatakan bahwa pada saat tersebut dapat melumpuhkan serta membuat virus menjadi lemah.

2. Kelembaban

Setiap konsentrasi kandungan yang dimiliki oleh uap air yang terdapat pada sebuah ruangan isolasi yaitu 60 persen. Pernyataan tersebut berdasarkan Kementerian kesehatan pada tahun 2020 berdasarkan ASHRAE yaitu 40 hingga 50 persen.

3. Udara

Sistem ventilasi udara yang digunakan menggunakan sistem negatif yang membuat pengaturannya diatur sesuai kebutuhan. WHO menyatakan minimal distribusi udara yang ada mempunyai ACH 12 kali per jamnya. Hal lainnya yaitu penyaringan antara udara bersih dan kotor dengan menggunakan fresh air 100 persen.

4. Tekanan

Airlock yang digunakan sebagai pembatas antara kedap udara dengan tekanan ruangan diatur -5Pa pada koridor, termasuk toilet di dalamnya. Berbeda dengan ruangan tekanan dalam toilet -15Pa yang membuat pergerakan udara berjalan dengan maksimal.

5. Kebisingan

Menjadi tempat isolasi yang berarti sejumlah pasien diharuskan jauh dari lingkungan yang  berdampingan dengan sejumlah manusia lainnya. Mengharuskan ruangan tersebut terbebas dari kebisingan dunia luar yang dapat mengganggu masa pemulihan.

Demikianlah ruang isolasi bertekanan negatif yang mempunyai sejumlah pengertian dan beberapa hal penting di dalamnya. Ketersediaan alat dan berbagai keperluan rumah sakit saat ini telah tersedia. Apabila membutuhkan sejumlah peralatan tambahan yang diperlukan untuk ruang isolasi, dapat segera menghubungi kami.

PEMESANAN

Silahkan hubungi kami untuk pemesanan dan juga konsultasi mengenai Ulasan Ruang Isolasi Bertekanan Negatif, melalui nomor di bawah ini :

LUKMAN NH
HP/WA 081 288 025 058
E-MAIL Lukman@lukman.co.id

Atau Klik Banner Dibawah

Berikut Ulasan Ruang Isolasi Bertekanan Negatif, Selengkapnya!

Info terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *