HEPA Filter Ruang Operasi

Ruang operasi adalah sebuah ruangan di mana tindakan medis berupa pembedahan di lakukan dan Hepa filter ruangan operasi sangat penting didalamnya. Pada umumnya, ruangan operasi digunakan tidak lebih dari 8 hingga 12 jam per hari kecuali bila ada kondisi darurat.

hepa filter rumah sakit
hepa filter rumah sakit

Untuk beberapa alasan seperti penghematan energi, sistem pengkondisian udara harus memungkinkan pengurangan pasokan udara ke beberapa atau ke semua ruang operasi. Namun, tekanan ruangan juga harus dipastikan agar memastikan kondisi udara yang tetap steril.

Selain itu, ruangan operasi di Rumah Sakit harus terpasang HEPA Filter. HEPA atau High Eficiency Particulate Air atau yang juga dikenal sebagai Penyerap Partikulat Efisiensi Tinggi dan Penangkapan Partikulat Efisiensi Tinggi adalah standar efisiensi filter udara.

hepa filter ruang operasi
hepa filter ruang operasi

Filter yang memenuhi standar HEPA ini juga harus memenuhi tingkat efisiensi tertentu. Dikutip dari Wikipedia.org, standar HEPA harus menghilangkan setidaknya 99,95% partikel udara yang melewatinya.

HEPA ini awalnya mulai dikomersilakan pada tahun 1950 an dan akhirnya sekarang digunakan dalam aplikasi yang memerlukan kontrol kontaminasi, salah satunya adalah pemasangan  HEPA Filter Ruang Operasi.

Mekanisme

HEPA Filter ini terdiri dari alas serat yang disusun secara acak, serat ini biasanya terbuat dari fiberglass dengan diameter 0,5 hingga 2,0 mikrometer. Beberapa faktor utama yang memengaruhi fungsinya sendiri adalah diameter serat, ketebalan filter hingga kecepatan muka.

hepa filter ruang operasi
hepa filter ruang operasi

HEPA Filter ini terutama HEPA Filter Ruang Operasi  dirancang untuk menargetkan berbagai ukuran partikel. Partikel tersebut terperangkap /menempel pada serat melalui 3 mekanisme berikut ini :

  1. Difusi
  2. Intersepsi
  3. Impaksi

Dilansir dari pdpersi.co.id mengenai KEPUTUSAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 1204/MENKES/SK/X/2004 TENTANG PERSYARATAN KESEHATAN LINGKUNGAN RUMAH SAKIT. Ada beberapa aspek penilaian yang menjadi komponen yang dinilai dalam Ruang Operasi. Berikut di antaranya :

  1. Ruang Operasi harus bebas kuman patogen
  2. Angka kuman 10 cfu / meter kubik
  3. Dinding terbuat dari porseyn atau Vynl
  4. Pintu harus dalam keadaan tertutup
  5. Atap / Langit Ruanagan Operasi tak boleh bercelah
  6. Ventilasi dengan AC Tersendiri dilengkapi dengan filter bakteri
  7. Suhu ruangan berkisar antara 19 hingga 25 derajat celcius
  8. Tingkat kelembapan 45 hingga 60 %
  9. Pencahayaan Ruang 300 hingga 400 Lux
  10. Pencahayaan Meja Operasi 10.000 hingga 40.000 Lux
  11. Tinggi langit langit berkisar antara 2,7 meter hingga 3,3 meter dari lantai

Ruang Lingkup Kamar Operasi

Secara Umum, ada 3 bagian utama atau ruang lingkup ruangan operasi yaitu,

  1. Area bebas terbatas atau unrestricted area. Di dalam area ini para ahlimedis dan pasien tidak perlu menggunakan pakaian khusus kamar operasi.
  2. Area semi ketat atau area semi restricted area adalah area di mana ahli paramedis wajib menggenakan perlengkapan khusus kamar operasi di antaranya topi, masker, baju dan celana operasi.
  3. Area ketat terbatas atau yang biasa disebut restricted area adalah area di mana ahli paramedis menggunakan pakaian khusus lengkap dan harus menaati segala prosedur yang ada.
SOP RUANG OPERASI - LUKMAN.CO.ID
tataruang rumah sakit

Itulah beberapa pembahasan mengenai Ruang Operasi dan sebagainya. Lalu, mengapa harus menggunakan HEPA Filter? Tentunya agar udara yang ada dalam Ruang Operasi Rumah Sakit dapat tersaring dengan baik dan sesuai dengan standar.

Jika Anda membutuhkan HEPA Filter Rumah Sakit. Anda bisa memesannya di :

DORTON TEKNOLOGI MANDIRI

LUKMAN NH

081288025058

lukmannulhakim81@gmail.com

 

Semoga bermanfaat dan smapai jumpa kembali…

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *