Mengenal Ruangan Negative Pressure Hingga Proses Masuk dan Keluarnya Udara

Mengenal Ruangan Negative Pressure Hingga Proses Masuk dan Keluarnya Udara – Rumah sakit merupakan salah satu tempat yang dijadikan sebagai wadah memeriksakan kesehatan yang dialami. Di lembaga kesehatan tersebut pun mempunyai berbagai ruangan yang dapat dijadikan sebagai ruangan khusus. Salah satunya adalah ruangan negative pressure yang disediakan dengan tekanan udara rendah dan membutuhkan udara bersih.

Ruangan tersebut dapat ditemukan di berbagai rumah sakit, karena memang ruangan ini khusus untuk pasien yang mempunyai penyakit. Dimana penyakit yang diderita tersebut mengandung bakteri yang mudah menyebar meskipun hanya melalui udara. Olehnya itu, ruangan ini digunakan untuk memisahkan pasien tersebut dengan pasien lainnya.

Mengenal Ruangan Tekanan Negatif

Ruangan negative pressure dijadikan sebagai ruangan yang disediakan oleh pihak lembaga kesehatan dengan tekanan udara yang rendah. Desain yang digunakan oleh ruangan ini tentunya berbeda-beda berdasarkan dengan keinginan pihak rumah sakit. Meskipun mempunyai desain yang berbeda, namun tekanan yang dapat diterapkan adalah rendah.

Adapun tujuan mengapa tekanan yang digunakan harus rendah agar nantinya udara tidak dapat keluar. Udara tersebut tidak dapat keluar kecuali pintu ruangan ini dibuka oleh orang yang berkepentingan. Memang ruangan ini hanya boleh dikunjungi oleh orang yang mempunyai kepentingan seperti dokter, suster, dan keluarga pasien.

Hal yang menjadi alasan mengapa ruangan ini tidak boleh mengeluarkan udara yang ada agar nantinya penyakit bervirus pasien tidak menyebar. Karena pada dasarnya penyakit bervirus yang diderita dapat menular hanya dengan melalui udara. Itulah sebabnya mengapa ruangan negative pressure tersebut harus tertutup rapat agar bakteri tidak tersebar.

Meskipun nantinya akan ada udara keluar namun kapasitas yang dimiliki harus besar. Sedikit informasi bahwasanya udara keluar nantinya tidak boleh dibuang secara sembarangan. Dimana udara yang akan dikeluarkan dari ruangan wajib melalui beberapa proses yang dinamakan proses penyaringan. Proses tersebut tentu membutuhkan bantuan alat penyaring dari dalam ruangan.

Elemen yang Digunakan dalam Ruangan Negatif Pressure

Dalam sebuah ruangan tertentu yang terdapat pada sebuah rumah sakit memang dilengkapi dengan beberapa elemen. Dimana elemen tersebut nantinya mempunyai beberapa fungsi yang akan bekerja pada ruangan tersebut. Adapun pembahasan terkait dengan elemen yang terdapat pada ruangan negative pressure akan dijelaskan sebagai berikut ini:

1. HEPA Filter

HEPA Filter diartikan sebagai salah satu alat yang digunakan untuk menyaring udara kotor. Dimana udara tersebut biasanya berasal dari luar dan masuk ke dalam ruangan sehingga bisa saja dihirup oleh pasien. Memang filter dari alat ini mempunyai partikular yang cukup tinggi sehingga sangat cocok digunakan di ruangan tertentu di rumah sakit.

Alat ini bukan hanya mempunyai filter udara saja, namun juga mempunyai filter mikron. Dimana filter tersebut mempunyai definisi sebagai partikel yang mempunyai kisaran berupa ultra-mikroskopis. Memang filter ini termasuk ukuran yang dimiliki partikel tersebut dilihat langsung menggunakan mata manusia. Selain itu, alat ini mempunyai besaran dengan hitungan berjuta meter.

2. Exhaust Fan

Ada juga alat yang dinamakan exhaust fan dan dapat digunakan dalam mengatur sirkulasi pada udara. Bentuk dari alat ini sejenis kipas angin dan bisa diletakkan di luar maupun dalam ruangan. Apabila alat ini diletakkan pada bagian dalam ruangan, nantinya akan bekerja dalam menghirup udara. Kemudian udara yang dihirup dari alat tersebut akan dibuang.

Di samping proses pembuangan udara berasal dari dalam, alat ini akan menarik setiap udara segar dari luar. Tujuan agar udara ini dapat dijadikan sebagai pengganti dari udara yang dikeluarkan alat tersebut ke luar ruangan. Bahkan alat ini pun dapat digunakan dalam mengatur volume udara di dalam sebuah ruangan khusus yang digunakan pasien.

3. Filterisasi

Filterisasi dapat diartikan sebagai salah satu proses yang nantinya bertugas untuk menyaring udara hingga benar-benar keluar dari ruangan. Memang penyaringan ini hanya dikhususkan terhadap udara yang ada. Dengan begitu, udara kotor yang terdapat pada ruangan dapat dikeluarkan secara otomatis sehingga ruangan tersebut steril dan tidak terdapat bakteri.

Proses yang satu ini memang dikhususkan dalam pemisahan udara yang terkontaminasi. Udara yang dipisahkan tersebut telah terkontaminasi dengan berbagai bakteri dan bahkan virus yang terdapat pada ruangan. Tujuannya adalah untuk memperoleh udara bersih sehingga ruangan terhindar dari berbagai penularan virus dari luar.

Proses Sirkulasi Udara pada Ruangan Tekanan Negatif

Ruangan yang mempunyai tekanan dengan skala negatif memang dikhususkan dalam sebuah rumah sakit. Dimana ruangan ini memang selalu ada di berbagai rumah sakit yang ada. Tujuannya untuk membedakan dengan penyakit terinfeksi dan non infeksi. Adapun cara kerja dari ruangan negative pressure yang dapat diketahui akan dibahas sebagai berikut:

1. Masuknya Udara yang Bersih

Pada dasarnya, alat penyaring udara tersebut memang dipercaya mampu menyaring sebesar 99,7%.  Olehnya itu, cara kerja dari ruangan ini pada saat proses masuknya udara yang bersih harus melalui alat penyaring. Nantinya alat ini akan menyaring debu maupun partikel terlebih dahulu terhadap udara yang akan masuk ke dalam ruangan khusus tersebut.

Penyaringan yang terdapat pada alat ini mempunyai ukuran 0,3 mikron. Dengan begitu, udara dari luar tentunya sudah bersih karena sudah disaring. Memang fungsi dari alat tersebut dalam menyaring udara kotor di ruangan tekanan negatif ini. Pasien yang ada di ruangan memang membutuhkan udara yang bersih dan bisa diperoleh dari luar ruangan.

2. Proses Kontaminasi Udara

Udara dari luar dan akan masuk ke ruangan negative pressure nantinya akan terkontaminasi. Dimana udara ini akan terkontaminasi dengan beragam bakteri yang terdapat dalam ruangan khusus ini. Olehnya itu, proses ini membutuhkan alat penyaring udara agar bisa membersihkan udara yang akan masuk. Dengan begitu, udara tersebut harus disaring terlebih dahulu.

Memang tekanan negatif yang terdapat pada ruangan dan dikendalikan menggunakan kontaminan mikroba. Tujuannya yakni agar aliran udara dari luar akan mengalir melalui koridor ke ruangan tersebut. Sehingga nantinya penyebaran kontaminan tidak menular ke pasien yang diisolasi pada ruangan khusus tersebut dengan melalui udara.

3. Proses Keluarnya Udara

Apabila udara tersebut masuk ke ruangan negative pressure tersebut sudah bersih, nantinya dikeluarkan kembali. Memang udara ini dikeluarkan dengan menggunakan alat khusus. Dimana alat khusus ini dinamakan dengan exhaust fan yang berupa kipas angin. Exhaust fan mempunyai fungsi dalam mengatur sirkulasi udara.

Memang alat ini akan digunakan dalam menghias seluruh udara pada ruangan untuk  dikeluarkan. Apabila proses keluarnya udara sudah melalui alat ini, maka nantinya dapat melalui proses filtrasi atau penyaringan. Tujuan adanya proses tersebut yakni agar dapat memisahkan udara yang sudah bercampur dengan virus pada ruangan khusus tersebut.

Demikian penjelasan lengkap terkait beberapa elemen yang terdapat dalam sebuah ruangan negative pressure. Dimana elemen-elemen tersebut memang wajib untuk diadakan agar bisa memperoleh udara bersih. Bukan hanya itu saja, cara kerja ruangan tersebut dalam menciptakan tekanan negatif tentu karena alat-alat tersebut. Hubungi kami jika anda ingin menciptakan ruangan negative pressure terbaik di rumah sakit. 

PEMESANAN

Silahkan hubungi kami untuk pemesanan dan juga konsultasi mengenai Ruangan Negative Pressure Dengan Material Terbaik melalui nomor di bawah ini :

LUKMAN NH
HP/WA 081 288 025 058
E-MAIL Lukman@lukman.co.id

Atau Klik Banner Dibawah

Info terkait:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *