Apakah Air Purifier dengan Filter HEPA Mampu Meminimalisir Kontaminasi Virus Corona dalam Sebuah Ruangan Tertentu?

Virus Corona yang melanda tahun 2020 ini memang membuat banyak orang menjadi resah. Terutama, karena penularannya yang terbilang cukup cepat dan juga sulitnya untuk menghentikan penyebaran virus ini.

Yang bisa Anda lakukan adalah menjaga stamina tubuh agar tetap fit dan juga menghindari terlalu banyak aktivitas di luar rumah yang memerlukan kontak langsung dengan banyak orang, mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah seperti memakai masker, jaga jarak hingga menggunakan Hand Sanitizer maupun sabun cuci tangan secara rutin.

Selain hal di atas Anda juga harus mempertahankan kualitas udara yang baik dalam sebuah ruangan. Salah satunya adalah dengan menggunakan Filter HEPA. Filter HEPA ini sering digunakan dalam keperluan medis terutama beberapa Ruangan di Rumah Sakit yang memiliki peran vital dan membutuhkan udara yang steril seperti Ruang Bedah Operasi.

Jadi, kali ini kita akan membahas mengenai Air Purifier dengan Filter HEPA dalam kaitannya untuk menjaga udara dalam sebuah ruangan agar tetap steril dan bersih sehingga lebih bebas dari kontaminasi bakteri atau Virus seperti Corona.

Apa Itu Air Purifier?

Air Purifier adalah penjernih udara. Ada banyak sekali jenis Air Purifier ini. Salah satunya adalah  Filter HEPA. Filter ini sangat penting terutama untuk menyaring udara kotor dalam sebuah ruangan. Seperti yang kita tahu, kualitas udara juga sangat berpengaruh terhadap tubuh kita terlebih untuk organ pernafasan. Dengan udara yang baik, steril dan higienis maka kita juga akan lebih nyaman dan terhindar berbagai partikel seperti debu atau partikel kecil lainnya yang ada dalam udara.

Apa Itu Filter HEPA?

HEPA adalah sebuah singkatan dari High Efficiency Particulate Air. Filter atau penyaring udara ini mampu menyerap udara sampai ukuran 0,3 mikron. Filter HEPA dapat menghisap udara dalam ruangan dan membersihkannya. Sehingga beberapa partikel seperti debu, bulu atau mikroba terhisap dan udara dalam ruangan menjadi lebih bersih.

hepa filter
hepa filter

Filter HEPA ini biasanya ada dalam sebuah Air Purifier. Biasanya udara akan melewati prafilter terlebih dahulu kemudian disaring kembali dengan Filter HEPA.

Meskipun Filter HEPA ini tidak bisa mencegah penularan atau kontaminasi virus Corona di Udara dalam skala besar dan hanya bisa diterapkan dalam sebuah ruangan dengan kondisi tertentu. Anda juga bisa menggunakan Filter HEPA di Rumah untuk memperbaiki kualitas udara di dalam sebuah ruangan tertentu.

Jika Anda sedang berpergian, Anda juga harus tetap menjaga dan menaati protokol kesehatan yang berlaku.

Filter HEPA ini sekarang banyak digunakan di Ruang Isolasi untuk pasien dengan penyakit yang menular seperti COVID19 saat ini. Hal ini tentunya agar udara di dalam ruangan pasien bisa lebih steril sehingga tidak membahayakan penghuni Rumah Sakit lainnya seperti Pengunjung, Pasien Lain dan juga tenaga medis yang bertugas. Intinya HEPA Filter hanyalah untuk meningkatkan kualitas udara dalam sebuah ruangan.

 

Jika Anda membutuhkan Filter HEPA. Anda bisa mengkonsultasikan kebutuhan Anda pada kami dengan menghubungi Contact Person di bawah ini:

LUKMAN NH

081288025058

lukmannulhakim81@gmail.com

Kami juga menyediakan berbagai peralatan yang berkaitan dengan keperluan medis seperti Scrub Station, Pintu Hermetik, Pass Box, Sandwich Panel,Peralatan Stainless Steel lainnya seperti Brankar Pasien  hingga Pintu Emergency Exit Tahan Api.

Kami menyediakan peralatan tersebut dengan kualitas yang tinggi yang tentunya tak akan mengecewakan Anda…

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *