Harga Hepa Filter Ruang Isolasi dan Beberapa Informasi Lainnya

Harga Hepa Filter Ruang Isolasi dan Beberapa Informasi Lainnya – Hepa Filter menjadi suatu perangkat yang sangat diperlukan di ruang isolasi. Mengingat pentingnya alat ini, maka setiap rumah sakit yang memiliki ruang isolasi pasti melakukan pemasangan Hepa Filter. Jika dihitung secara keseluruhan, harga Hepa Filter ruang isolasi juga tidak sedikit. Butuh biaya yang lumayan besar mulai dari pembelian hingga pemasangan.

Adanya Hepa Filter ini memiliki fungsi yang besar bagi ketersediaan udara bersih untuk pasien. Maka dari itu, Hepa Filter harus diperhatikan apalagi untuk ruang isolasi dengan penyakit menular. Jika penasaran dengan harga dan penjelasan alat ini, pembahasan kali ini akan sangat membantu. Simak rincian lengkapnya di sini:

Harga Hepa Filter Ruang Isolasi dan Beberapa Informasi Lainnya

Alasan Ruang Isolasi Membutuhkan Hepa Filter

Hepa filter merupakan alat yang selalu ada di ruang isolasi. Tanpa alat ini, ruang isolasi tidak akan bisa melindungi pasien dengan baik. Tujuan utama pemasangan alat ini adalah untuk meminimalisir terjadinya penularan penyakit yang ada di ruang isolasi tersebut. Ada beberapa penyakit yang memerlukan ruang isolasi dengan tambahan alat ini.

Seperti penyakit menular Difteri, Meningitis, TBC, cacar, bahkan Covid-19. Setiap penyakit menular pastinya membutuhkan penanganan khusus agar penyakit yang diderita pasien tidak menular pada orang lain. Adanya Hepa Filter bisa dijadikan solusi untuk membuang dan memusnahkan virus yang ada di udara.

Jika alat ini sudah dipasang, maka debu dan berbagai kotoran yang ada di udara akan terserap dalam Hepa Filter. Bahkan virus dan bakteri termasuk dalam partikel yang bisa diserap alat ini. Setelah diserap oleh Hepa Filter, debu dan kotoran akan disaring sedangkan virus akan dimusnahkan dengan sinar UV dalam mesinnya.

Setelah itu semua udara yang dibersihkan akan keluar dan bisa dihirup oleh pasien karena sudah termasuk udara bersih. Dengan demikian, resiko terjadinya penularan akan menurun karena virus yang bisa menyebar lewat udara sudah dimusnahkan oleh Hepa Filter tersebut. Kebersihan udara juga akan semakin baik untuk pasien.

Cara Kerja Ruang Isolasi yang Menggunakan Hepa Filter

Pada penggunaan Hepa Filter di ruang isolasi, setidaknya ada tiga proses penting dalam penyaluran udara. Tiga proses tersebut tergolong kompleks karena memerlukan alat tambahan dalam prosesnya. Bagi yang ingin tahu bagaimana cara kerja ruang isolasi dengan Hepa Filter, maka berikut ini adalah jawabannya:

1. Udara Disaring Dulu oleh Hepa Filter

Pasien yang sedang berada di ruang isolasi pastinya membutuhkan udara bersih untuk menunjang kesembuhannya. Maka dari itu, udara yang masuk dari luar ruangan akan disaring terlebih dahulu di Hepa Filter. Proses penyaringan juga melalui beberapa lapisan sehingga didapat udara yang benar-benar bersih.

2. Hasil Penyaringan Masuk ke Ruangan dan Tercampur dengan Bakteri

Setelah udara disaring dan masuk ruangan, maka udara bersih tersebut bisa digunakan oleh pasien. Namun secara tidak langsung, udara tersebut akan terkontaminasi dengan bakteri dan berbagai virus dari pasien yang bisa menular. Hal ini pasti terjadi jika udara masuk dalam ruang isolasi dengan penyakit menular apa pun.

3. Udara Dikeluarkan dengan Filterisasi Ulang

Udara yang sudah terkontaminasi dengan virus tersebut tentu tidak bisa dikeluarkan dengan mudah. Proses filterisasi ulang harus dilakukan dengan alat tambahan bernama Exhaust Fan. Setelah disaring ulang, maka udara akan bersih lagi karena virus dimusnahkan dengan sinar UV dan kemudian dikeluarkan ke luar ruangan.

Harga Hepa Filter untuk Ruang Isolasi

Harga Hepa Filter ruang isolasi tergolong besar karena menyesuaikan dengan berbagai komponennya. Berbeda dengan Hepa Filter portable, Hepa Filter untuk ruang isolasi cenderung memiliki ukuran yang besar. Maka dari itu harga yang dibanderol mulai dari pembelian hingga pemasangan juga tidak sedikit nilainya.

Tentu di setiap daerah memiliki harga berbeda-beda tergantung mereknya dan penjualnya. Untuk mengetahui harga Hepa Filter terbaru, silakan hubungi kami. Biasanya, harga yang diberikan tidak termasuk pengadaan sistem HVAC. Karena Hepa Filter adalah alat yang independen, jadi pasokan udara baru masih menggunakan sistem AC di ruangan.

Selain itu, biaya yang diberikan tidak mencakup biaya pemasangan. Mulai dari pemasangan, pelubangan tembok, hingga PPN semua memiliki biaya tersendiri yang berbeda. Jadi biaya yang bisa dibilang besar tersebut adalah biaya pembelian Hepa Filter-nya saja. Harga Hepa Filter ruang isolasi ini masih tergolong dalam standar.

Namun harga yang diberikan juga tidak bisa dikatakan harga pasti. Setiap tempat pemasangan memiliki layanan berbeda untuk pelanggannya. Bisa jadi akan ada kenaikan atau penurunan dari harga tersebut. Wilayah pemasangan juga menentukan harga. Maka dari itu sebelum memilih, pastikan dulu harga Hepa Filter ruang isolasi di setiap daerah.

Kapan Hepa Filter di Ruang Isolasi harus Diganti?

Hepa Filter adalah alat yang tergolong memiliki daya tahan kuat. Umumnya, alat ini bisa bertahan sampai tiga tahun. Namun ada beberapa kondisi yang mengharuskan untuk segera melakukan penggantian Hepa Filter. Karena jika tidak diganti, udara yang dihasilkan semakin buruk. Berikut beberapa kondisinya:

1. Hepa Filter Kotor

Kondisi pertama yang memerlukan penggantian Hepa Filter adalah saat sudah kotor. Cara agar tahu apakah alat ini sudah kotor atau tidak adalah dengan melakukan pengecekan berkala. Umumnya, pengecekan bisa dilakukan setiap enam bulan sekali. Jika ditemukan kondisi yang kotor, maka harus segera diganti.

Kotornya Hepa Filter ini disebabkan oleh penggunaan terus menerus. Jika digunakan di ruang isolasi, maka kondisi ini sangat mungkin terjadi. Pergantian harus segera dilakukan agar udara yang dihasilkan bisa berkualitas. Jika tidak, maka udara yang masuk tidak tersaring tapi justru lebih kotor dari sebelumnya.

2. Timbul Bau Apek dari Hepa Filter

Kondisi lain yang mengindikasikan jika Hepa Filter memiliki penurunan performa adalah timbulnya bau apek. Kemunculan bau apek tersebut bisa disebabkan oleh komponen yang sudah tidak layak pakai. Jika tidak segera diganti, bisa jadi komponen tersebut juga menyebabkan komponen lainnya ikut bermasalah.

Selain itu, bau apek tersebut juga bisa mengganggu pasien yang ada dalam ruangan isolasi. Maka dari itu, Hepa Filter perlu diganti secepat mungkin agar pasien menjadi nyaman berada dalam ruang isolasi. Jika bau apek muncul, maka kondisi udara yang tersaring juga tidak bisa sebersih udara yang seharusnya.

3. Wadah Penahan dan Filter Rusak

Wadah penahan Hepa Filter juga bisa mengalami kerusakan. Pada kondisi ini maka sudah pasti harus diganti. Jika tidak, maka keseluruhan Hepa Filter akan terganggu. Wadah penahan juga merupakan komponen penting dari alat ini. Maka dari itu harus dilakukan pengecekan berkala untuk tahu penyebab pastinya.

Selain wadah penahan, filter pada Hepa juga bisa rusak. Lapisan untuk penyaringan ada banyak. Jika salah satunya rusak, maka proses penyaringan akan terganggu secara keseluruhan. Penggantian sangat perlu dilakukan agar proses penyaringan udara bisa berjalan dengan baik seperti sedia kala.

Penjelasan mengenai harga Hepa Filter ruang isolasi beserta beberapa detail lainnya sudah dibahas di atas. Bagi yang ingin memakai alat ini untuk ruang isolasi, segera hubungi kami untuk berbagai layanannya. Dijamin akan ada banyak kemudahan dalam pembelian dan pemasangan untuk alat ini.

PEMESANAN

Silahkan hubungi kami untuk pemesanan dan juga konsultasi mengenai Harga Hepa Filter Ruang Isolasi melalui nomor di bawah ini :

LUKMAN NH
HP/WA 081 288 025 058
E-MAIL Lukman@lukman.co.id

Atau Klik Banner Dibawah

Info terkait:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *