Ruangan Bertekanan Negatif Produksi PT Dorton Teknologi Mandiri dengan Standar Internasional yang Teruji

Ruangan Bertekanan Negatif Produksi PT Dorton Teknologi Mandiri dengan Standar Internasional yang Teruji – Dalam dunia medis ada beberapa jenis ruangan yang digunakan seperti ruangan operasi, ruangan bersalin, ruangan bertekanan negatif, dsb. Terkhusus untuk ruangan bertekanan negatif, mungkin masyarakat lebih mengenalnya dengan ruangan isolasi. Ada banyak sekali produsen yang memproduksinya, salah satunya adalah kami yang membuat ruangan bertekanan negatif produksi PT Dorton Teknologi Mandiri.

Tentunya ruangan bertekanan negatif produksi PT Dorton Teknologi Mandiri yang kami buat ini sudah sesuai dengan standar dunia. Sehingga keamanan pasien yang sedang melakukan isolasi di ruangan ini dapat kami jaga dengan sangat baik. Jadi pasien tidak perlu khawatir dan hanya fokus pada proses pemulihan saja.

Ruangan Bertekanan Negatif Produksi PT Dorton Teknologi Mandiri dengan Standar Internasional yang Teruji

Syarat Membuat Ruangan Bertekanan Negatif

Dalam membuat ruangan bertekanan negatif ini, tentunya tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Karena ada beberapa dasar yang terlebih dahulu harus dipahami. Dengan memahami dasarnya ini, maka barulah didapatkan hasil ruangan bertekanan negatif yang sesuai dengan keinginan. Jadi pastikan terlebih dahulu untuk memahami syarat apa saja yang dibutuhkan untuk membuat ruangan ini.

1. Sistem Tata Udara Sesuai

Pertama tentu adalah tata udara yang sesuai, apalagi ini merupakan ruangan isolasi. Perlu diketahui bahwa ruangan bertekanan negatif ini memiliki perangkat khusus yang tujuannya untuk menyedot aerosol. Jadi aerosol yang ada di dalam ruangan tidak akan pernah keluar melewati ruangan. Tujuannya tentu untuk menjaga agar udara di luar tidak tercemar.

Di sini peletakan ruangannya harus sebisa mungkin terpisah dari bangunan utama, kemudian ada pendingin ruangan dan juga filter. Udara disekitarnya harus memiliki flow rate di angka 850 CFM dan memiliki RH (relative humidity) pada tingkat 60%. Pada bangunan ini kemungkinan terjadinya kebocoran udara harus diminimalkan mencapai 90% untuk keamanan di sekitarnya.

2. Efisiensi Filter yang Tepat

Selanjutnya tentu untuk memastikan bahwa ruangan ini tidak akan mengalami kebocoran, ada filter yang harus dipasang. Filter ini haruslah yang berstandar seperti HEPA dengan tingkat efisiensinya yang sudah teruji sampai tingkat DOP 99,7%. Setelah itu peletakannya juga tidak boleh sembarangan, semua komponen yang dimiliki oleh filter harus terpasang dengan baik dan rapi.

Lalu ada manometer, fungsinya adalah mengetahui tekanan yang turun dalam setiap kelompok yang disaring (filter). Jadi ketika terdapat tanda bahwa sistem penyaring ini mulai bekerja secara tidak optimal, maka pengguna bisa langsung mengganti sistem tersebut. Karena kalau filter sudah tidak maksimal, maka kemungkinan penyerapan tidak akan optimal juga dan berbahaya.

3. Adanya Pemasangan Sistem Exhaust

Exhaust fan juga merupakan salah satu komponen yang tidak boleh dilupakan. Biasanya peletakannya ini di luar dari ruangan. Walaupun terpaksa diletakan di dalam, maka terlebih dahulu menggunakan ducting las pada bagian alur kipasnya. Kemudian pada bagian luar alirannya (hulu) letakan HEPA filter/bag in/bag out prefilter. Peletakannya ini harus sesuai aturan.

Kemudian exhaust fan ini juga harus memiliki Variable Frequencies Drives yang tujuannya saat filter sedang load up, maka akan ada yang menyesuaikan kecepatan kipasnya. Untuk kipas pembuangannya usahakan untuk ditaruh di atas atap, atau dimanapun  sejauh mungkin dari ruangan utama. Terakhir sediakan aliran listrik darurat untuk memastikan kipas tetap bisa beroperasi saat listrik mati.

4. Tingkat Steril yang Tinggi

Tentunya ruangan ini harus memiliki tingkat steril yang tinggi, karena berhubungan juga dengan keselamatan pasien. Karena itu ada beberapa alat yang harus dilengkapi dan juga beberapa prosedur yang harus ditaati saat memasuki ruangan ini. Bahkan untuk penatalaksanaan udaranya juga diatur di ruangan ini jadi tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Sirkulasi udara ini tidak boleh sampai bocor, karena tentu dapat membuat mikroorganisme maupun virus dari dalam ruangan menyebar keluar. Hal itu tentunya akan membuat kemungkinan orang di luar jadi tertular penyakit. Karena itu tingkat steril yang dimiliki oleh ruangan ini haruslah dalam keadaan maksimum demi keamanan bersama penghuni rumah sakit.

5. Tersedia Air Shower

Mungkin banyak yang belum mengetahui hal ini, tapi pembuatan hal ruangan ini tidak boleh dibangun jika tidak ada komponen ini di dalamnya. Pada bagian chambersnya harus tertutup secara spesifik, tentu tujuannya untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kontaminasi di udara dan antar partikel. Lalu air shower ini juga digunakan dalam tekanan tinggi.

Biasanya alat ini diletakkan di ruang ganti untuk petugas saat hendak keluar dari ruangan isolasi ini. Jadi nanti kalau ada partikel yang terkontaminasi di pakaian petugas dapat dihilangkan dengan tekanan tinggi dari alat ini. Baru nantinya saat sudah selesai semua, dan dipastikan bersih petugas baru boleh melanjutkan proses pembersihan diri di kamar mandi.

6. Terdapat Airlocks

Selain pancuran udara atau air shower, penguncian udara atau airlocks juga pastinya sangat dibutuhkan.  Fungsinya ini seperti mencegah ruangan luar udaranya terkotori atau tercemar dari udara di dalam ruangan. Lalu kalau ada retakan, maka alat ini akan mencegah udara untuk keluar. Jadi ruangan di sekitarnya tidak akan tercemar udara dari dalam.

Ada beberapa jenis airlocks yang ada di pasaran, dan penggunaannya ini harus disesuaikan dengan jenis tekanan ruangannya. Misalnya untuk yang tipe cascading itu penggunaannya untuk ruangan bertekanan positif. Sementara untuk yang bertekanan negatif adalah bubble, sink, dan jenis kompartemen ganda. Jadi pastikan untuk memahami jenis dan kegunaan yang dimilikinya.

7. Ruang Perawatan Isolasi

Terakhir adalah kesiapan ruangan perawatan, dari mulai tekanan udara sampai koridornya. Untuk tekanan udara di luar ruangan dibuat -5Pa. Kemudian kalau di dalamnya sendiri tekanan yang dimiliki termasuk untuk kamar mandinya yakni -15Pa. Selain itu untuk koridornya sendiri disarankan untuk memiliki tekanan yang berbeda dengan dalam ruangan yakni positif.

Perbedaan ini dikarenakan koridor ini sebagai tempat untuk tenaga kesehatan saat sedang mengawasi pasien. Jadi kalau tekanannya posisi, maka kemungkinan untuk mengurangi tingkat kontaminasi yang dibawa oleh tenaga kesehatan pasien dapat diturunkan. Selain itu tekanan udara di bagian spoelhok nya juga dibuat berjenjang dari -10Pa sampai ada airlock kotor dengan -5pa.

Alasan Memilih Ruangan Bertekanan Negatif Produksi PT Dorton Teknologi Mandiri

Melihat beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh ruangan bertekanan negatif, tentunya pembuatan ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Karena itu ada baiknya untuk mendapatkan langsung dari kami yakni ruangan bertekanan negatif produksi PT Dorton Teknologi Mandiri. Hal ini dikarenakan semua yang diberikan sudah dipastikan sesuai dengan standar yang ada.

Tidak hanya itu saja peralatan dari mulai pintu sampai penataan alat-alat lainya dipastikan sudah lengkap. Jadi pengguna tidak perlu khawatir. Lalu ruangan yang diproduksi ini sudah memiliki tingkat steril yang diakui oleh badan kesehatan, sehingga dapat dipastikan tidak akan ada udara yang keluar dan mencemari sampai keluar ruangan.

Karena itu kalau sedang ingin membuat ruangan bertekanan negatif, pilihlah ruangan bertekanan negatif produksi PT Dorton Teknologi Mandiri. Sebab hanya ruangan negatif buatan kami yang semuanya sudah sesuai dengan standar internasional. Kami juga memastikan bahwa tidak akan terjadi kebocoran dalam ruangan ini, karena itu segera hubungi kami untuk melakukan pemasangan.

PEMESANAN

Silahkan hubungi kami untuk pemesanan dan juga konsultasi mengenai Ruangan Bertekanan Negatif Produksi PT Dorton Untuk Rumah Sakit Dengan Material Terbaik melalui nomor di bawah ini :

LUKMAN NH
HP/WA 081 288 025 058
E-MAIL Lukman@lukman.co.id

Atau Klik Banner Dibawah

Info terkait:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *