Mengenai Hepa Filter Rumah Sakit dan Beberapa Detail Lainnya

Mengenai Hepa Filter Rumah Sakit dan Beberapa Detail Lainnya – Hepa Filter adalah alat penunjang yang sangat penting untuk rumah sakit. Jika diringkas, kegunaan alat ini adalah untuk melakukan penyaringan udara yang nantinya digunakan oleh pasien dalam menunjang proses penyembuhan. Selain itu, Hepa Filter rumah sakit juga bisa mengurangi penyaluran virus yang mungkin terjadi.

Semua hal tersebut akan dijelaskan secara lebih mendalam pada pembahasan kali ini. Mulai dari fungsinya, cara kerjanya, ruang apa saja yang membutuhkan, hingga bagaimana perawatannya. Jika ingin memasang Hepa Filter untuk rumah sakit, maka pembahasan kali ini akan sangat membantu. Semak detail lainnya di sini:

Fungsi Pemasangan Hepa Filter

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Hepa Filter rumah sakit memiliki fungsi untuk menyaring udara agar steril. Penyaringan ini dilakukan agar udara yang masuk ke dalam ruang pasien yang membutuhkan bisa bersih dan tidak terkontaminasi dengan virus. Jika udara yang masuk mengandung virus, maka proses penyembuhan tidak akan berjalan dengan lancar.

Selain itu, Hepa Filter juga berguna untuk menyaring udara yang akan keluar. Jika udara dari luar yang sudah disaring masuk ke dalam, maka akan ikut terkontaminasi virus yang mungkin ada pada pasien. Apabila udara tersebut dikeluarkan secara cuma-cuma, maka akan berbahaya sehingga harus disaring ulang.

Mengenai Hepa Filter Rumah Sakit dan Beberapa Detail Lainnya

Ruang Rumah Sakit yang Membutuhkan Hepa Filter

Ada beberapa ruangan yang membutuhkan pemasangan Hepa Filter. Bukan tanpa alasan, beberapa ruang ini tergolong yang terpenting dan membutuhkan kebersihan udara yang sangat baik. Jika tidak, maka proses penyembuhan pasien bisa terhambat. Berikut beberapa ruangan di rumah sakit yang membutuhkan Hepa Filter:

1. Ruang Operasi

Saat proses operasi, maka pembedahan perlu untuk dilakukan. Organ manusia adalah hal sensitif yang harus dijaga selama proses operasi tersebut. Selain peralatan operasi yang harus steril, udara yang ada di ruangan juga harus steril. Jika tidak, maka udara yang kemungkinan terkontaminasi kuman akan masuk ke organ pasien yang sedang dioperasi.

2. Koridor Ruang Operasi

Tidak hanya ruang operasi saja, koridornya juga harus memiliki udara bersih. Koridor ruang operasi sengaja dibuat dengan sistem penghasil kontaminasi seminimal mungkin pada udara. Untuk mendapat hal tersebut, tentu saja Hepa Filter dibutuhkan. Sehingga udara yang ada di koridor juga bersih dan tidak mengandung virus penyakit.

3. Tempat Khusus Isolasi

Ruang isolasi adalah ruang yang dibutuhkan untuk pasien yang memiliki penyakit atau virus menular. Adanya ruang ini biasanya untuk beberapa penyakit, salah satunya untuk pasien yang terjangkit Covid-19. Udara adalah salah satu media penyebaran virus-virus penyakit menular. Maka dari itu, udara yang ada di ruang isolasi harus bersih.

Hepa Filter rumah sakit ini bisa memfasilitasi dalam hal tersebut. Udara yang akan masuk ruang isolasi akan disaring terlebih dahulu agar pasien bisa menggunakan udara yang bersih. Lalu sebelum udara keluar ruang, akan dilakukan penyaringan ulang agar udara juga terhindar dari virus yang berasal dari pasien tadi.

4. Laboratorium untuk Penelitian

Ruang lab penelitian pada rumah sakit diperlukan untuk meneliti berbagai hal yang berhubungan dengan medis dan pasien. Ada banyak subjek yang diteliti di sana. Salah satu yang sering diteliti adalah darah. Jika udara yang terkontaminasi hinggap pada darah pasien, maka hasil penelitian bisa terganggu dan tidak sesuai dengan pasien.

Maka dari itu, pemasangan Hepa Filter sangat diperlukan agar udara di ruangan laboratorium bisa bersih. Jika udara bersih, maka apa pun yang diteliti tidak akan terkontaminasi hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti debu, kotoran, virus, dan hal-hal lainnya. Semakin steril udara di ruangan, maka akan semakin baik.

5. Ruang Radiologi

Terakhir, ruang radiologi adalah ruang yang membutuhkan Hepa Filter. Ruangan ini difungsikan untuk berbagai hal yang berhubungan dengan sistem radiologi seperti CT Scan, X Ray, dan beberapa keperluan lainnya. Jika udara di ruangan tidak bersih, bisa jadi hasil dari beberapa sistem tersebut terganggu.

Cara Memelihara Hepa Filter

Agar Hepa Filter bisa memberikan udara yang steril dari proses penyaringan, maka harus dilakukan pemeliharaan dengan baik. Hepa Filter harus mendapat perhatian lebih agar tidak menurun performanya. Mulai dari kerusakan, bau yang dihasilkan Hepa Filter, hingga kotoran harus diperhatikan. Berikut beberapa cara pemeliharaannya:

1. Pastikan untuk Mengeceknya Secara Berkala

Jika ingin kinerja Hepa Filter rumah sakit baik, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pengecekan secara berkala. Secara umum, Hepa Filter bisa tahan sampai tiga tahun. Namun, jika ada kendala dalam prosesnya bisa mengalami kerusakan lebih cepat. Maka dari itu, harus dilakukan pengecekan secara mendetail.

Jika Hepa Filter digunakan terus-menerus setiap hari, maka harus dilakukan pengecekan setiap enam bulan sekali. Namun, jika Hepa Filter memakai Pra Filter maka harus dicek setiap tiga sampai empat bulan sekali. Karena jika menggunakan Pre Filter, akan lebih mudah mengalami kerusakan pada sistemnya.

2. Cek Kondisi Hepa Filter dari Bau

Apabila Hepa Filter menghasilkan bau-bau yang aneh, maka bisa dicurigai ada kendala dalam komponennya. Penggantian Hepa Filter harus dilakukan jika memiliki kendala seperti ini. Bau-bau yang ada berasal dari komponen yang kinerjanya sudah tidak baik. Maka dari itu harus dilakukan penggantian Hepa Filter.

3. Ganti Hepa Filter Jika Sudah Kotor dan Rusak

Meski sering dilakukan pengecekan, terkadang Hepa Filter mengalami kerusakan secara mendadak. Jika hal seperti ini terjadi, maka tidak ada cara lain selain menggantinya. Biasanya, bagian yang rusak adalah wadah penyangga filter dan filternya sendiri. Filter dalam Hepa ada banyak, jika rusak salah satu bisa mempengaruhi yang lainnya.

Penyebab kerusakan ini bermacam-macam, salah satunya karena kotor pada rangkaian komponennya. Memang benar jika Hepa Filter menyaring kotoran dari udara. Namun kotoran yang ada di komponen masih bisa muncul dari endapan-endapan udara itu sendiri. Maka dari itu segera lakukan penggantian Hepa Filter jika ada yang rusak.

Harga Hepa Filter

Harga Hepa Filter yang biasa digunakan di rumah sakit tentu tidak sedikit. Berbeda dengan Hepa Filter portable, Hepa Filter untuk rumah sakit memiliki ukuran lebih besar dan komponen yang lebih beragam. Maka dari itu, harga yang dibandrol juga lebih mahal. Biasanya, harga yang ditawarkan hanya untuk Hepa Filter-nya saja.

Jadi jika ingin melakukan pemasangan, harus mengeluarkan biaya tambahan. Apabila ingin menambah sistem HVAC, biaya yang dikenakan juga berbeda. Karena Hepa Filter adalah alat yang independen dan tidak terkait dengan alat tambahan lain dalam penjualannya. Sehingga jika ingin memasang Hepa Filter, harus menyiapkan dana yang cukup besar.

Demikian berbagai hal mengenai Hepa Filter rumah sakit, mulai dari fungsi, ruang yang membutuhkan, cara perawatan, hingga alasan penetapan harga. Jika ingin tahu harga terbaru dari berbagai jenis Hepa Filter yang ada, langsung saja hubungi kami. Maka akan kami berikan penjelasan lengkap beserta detail lainnya.

PEMESANAN

Silahkan hubungi kami untuk pemesanan dan juga konsultasi mengenai Hepa Filter Rumah Sakit  Dengan Material Terbaik melalui nomor di bawah ini :

LUKMAN NH
HP/WA 081 288 025 058
E-MAIL Lukman@lukman.co.id

Atau Klik Banner Dibawah

Info terkait:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *