Ruangan Bertekanan Negatif Produksi PT Dorton Teknologi Mandiri, Ini Fungsinya

Ruangan Bertekanan Negatif Produksi PT Dorton Teknologi Mandiri, Ini Fungsinya – Seiring dengan kenaikan grafik penularan COVID-19, rumah sakit berusaha untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Salah satunya dengan menyediakan fasilitas ruang isolasi yang menuruti standar. Ruangan bertekanan negatif produksi PT Dorton Teknologi Mandiri akan membantu menyediakan fasilitas tersebut. Kali ini akan dibahas lebih lengkap tentang ruangan bertekanan negatif.

Fasilitas Kamar Isolasi

Sebelum membahas lebih detail tentang ruang tekanan negatif, mari pahami dulu tentang kamar isolasi. Ruangan tekanan negatif nantinya dapat digunakan sebagai tempat isolasi pasien yang berpotensi menularkan penyakit. Kamar isolasi dapat dipahami sebagai ruang yang dipakai untuk merawat pasien dengan diagnosis penyakit infeksi menular dan membutuhkan perawatan intensif.

Sesuai dengan namanya, kamar isolasi ini akan terpisah dari dunia luar. Tujuannya adalah untuk melindungi orang lain dari penularan penyakit yang diderita oleh pasien di kamar isolasi. Ruangan bertekanan negatif produksi PT Dorton Teknologi Mandiri saat ini menjadi fasilitas terbaik untuk menyediakan ruang isolasi bagi pasien. Apalagi mengingat angka penularan COVID-19 saat ini semakin tinggi.

Tak hanya melindungi orang lain serta mencegah proses penularan, kamar isolasi juga dipakai untuk memberi perlindungan terhadap pasien itu sendiri. Ruang isolasi juga digunakan untuk menempatkan pasien dengan daya tahan tubuh yang lemah. Pasien ini memiliki risiko tinggi untuk tertular berbagai jenis penyakit bahkan penyakit yang mematikan. Itulah mengapa pasien tersebut dibiarkan beraktivitas di ruang isolasi.

Selain penyakit yang berpotensi tinggi untuk menular, pasien yang menderita penyakit dengan potensi menimbulkan bau juga biasanya akan dirawat di ruang isolasi. Hal ini dilakukan untuk menjaga kenyamanan pasien dan petugas kesehatan saat bekerja. Selain itu, tindakan ini juga dilakukan demi memberikan perawatan optimal kepada pasien.

Ruangan Bertekanan Negatif Produksi PT Dorton Teknologi Mandiri, Ini Fungsinya

Kriteria Kamar Isolasi

Jenis kamar ini harus disediakan berdasarkan kriteria tertentu. Pihak rumah sakit harus mengikuti regulasi dalam menyediakan ruang isolasi. Berikut beberapa kriteria yang perlu dipenuhi sehubungan dengan ketersediaan fasilitas ruang isolasi:

  • Ruang isolasi minimal ada 1 di rumah sakit dan ketersediaannya 10% dari total tempat tidur yang ada
  • Diposisikan di bagian depan bangsal
  • Terhindar dari berbagai aktivitas medis lainnya
  • Udara dari kamar isolasi diarahkan menuju area terbuka yang jarang dilewati
  • Ruang isolasi harus ada di lokasi yang mudah untuk dipantau
  • Luas ruang isolasi minimal 15m2
  • Memiliki tempat penyimpanan silinder gas medis dan penyimpanan alat medis
  • Dilengkapi dengan pantry, pos perawat, toilet petugas serta penunggu, ruang untuk cleaning service, tempat diskusi medis, dan ruang mesin filtrasi udara

Penting sekali untuk membuat desain ruang isolasi sebaik mungkin karena ruangan ini berbeda dengan kamar inap pada umumnya. Rumah sakit bisa menggunakan ruangan bertekanan negatif produksi PT Dorton Teknologi Mandiri untuk menyediakan ruang isolasi yang aman. Sirkulasi udara juga menjadi pertimbangan penting dalam pembuatan ruangan ini.

Pemakaian Tekanan Udara

Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan ruangan bertekanan negatif ini? Sebenarnya fasilitas kamar isolasi itu dibagi menjadi dua yakni ruangan bertekanan positif serta negatif. Fasilitas kamar tekanan positif biasanya dipakai untuk merawat pasien yang mengalami tindakan transplantasi dan onkologi. Jenis ruangan ini biasa ditemui dalam bentuk ruang operasi.

Sementara itu kamar bertekanan udara negatif merupakan ruangan yang tekanan udara di dalam ruang isolasi lebih rendah daripada di luar. Jenis ruang inilah yang digunakan untuk mengisolasi pasien dengan kondisi penyakit menular. Di tengah pandemi seperti sekarang, fasilitas ruangan isolasi ini banyak dipakai untuk merawat pasien terinfeksi COVID-19.

Tidak hanya COVID-19, ada beragam jenis penyakit lain yang juga membutuhkan ruang isolasi bertekanan negatif. Mulai dari SARS, difteri, tuberkulosis, HIV/AIDS, dan lain sebagainya. Ruangan bertekanan negatif produksi PT Dorton Teknologi Mandiri sudah banyak dipakai untuk mencegah penularan penyakit khususnya yang bisa terjadi lewat udara.

Aturan Ruangan

Kamar isolasi yang memiliki tekanan negatif membutuhkan regulasi yang tepat. Mengingat fungsinya yang sangat penting maka pembuatan ruang ini harus benar-benar teliti. Tentu semua aturan harus diikuti sehingga fungsi dari ruang isolasi tersebut bisa berjalan optimal. Berikut adalah beberapa ketentuan yang harus dipahami mengenai ruang bertekanan negatif:

1. Ukuran Ruang

Hal pertama yang penting untuk diperhatikan adalah ukuran atau luas dari ruang bertekanan negatif. Ruangan ini idealnya memiliki luas antar 15 m2 sampai 20 m2 untuk tiap kamar dan tiap tempat tidur. Sementara itu anteroom harus memiliki ukuran yang cukup lapang.

2. Aliran Udara

Bagian yang paling penting dari pembuatan kamar isolasi adalah manajemen aliran udaranya. Air flow harus diatur sedemikian rupa sehingga tidak terjadi kebocoran udara yang memuat virus dan bisa menginfeksi orang lain. Ruangan bertekanan negatif ini harus dibuat kedap udara sehingga tidak ada jendela yang bisa dibuka untuk memastikan keamanan.

Sistem sirkulasi udara yang digunakan pada ruang bertekanan negatif adalah full fresh air sehingga pasien akan menerima kualitas udara yang bersih. Saluran pembuangan udara akan didesain dengan kecepatan 10m/s secara vertikal sesuai standar internasional. Saluran udara suplai harus dibuat terpisah dengan sistem suplai yang digunakan untuk bangunan rumah sakit secara umum.

3. Desinfeksi Ruangan

Ruang isolasi harus dijaga tetap steril sehingga proses desinfeksi sangat penting untuk dilakukan. Selain itu, ruang isolasi ini harus dilengkapi dengan fasilitas untuk mencuci tangan maupun hand sanitizer yang bisa digunakan oleh petugas medis juga penunggu pasien. Di sana juga harus terdapat wadah khusus untuk menyimpan pakaian pelindung yang hanya digunakan satu kali.

4. Lalu Lintas Akses

Pembuatan ruang isolasi bertekanan negatif juga harus memikirkan lalu lintas atau akses yang nyaman bagi petugas medis juga penunggu pasien. Desain harus direncanakan dengan baik sehingga petugas medis bisa menjangkau pasien dengan mudah dan aman. Perlu juga akses bagi penunggu pasien dengan tetap memastikan bahwa penularan penyakit dapat dicegah.

5. Kelengkapan Fasilitas

Setiap jenis ruang isolasi harus memiliki fasilitas yang lengkap. Tentunya fasilitas ini harus mendukung proses perawatan dan kenyamanan pasien. Fasilitas yang harus disediakan sudah dibahas di bagian sebelumnya. Mulai dari kamar mandi,pos perawat, ruang penyimpanan alat medis, dan lain sebagainya. Fasilitas ini harus lengkap dan memadai sehingga kondisi pasien tetap terisolasi dengan baik.

6. Penggunaan Alarm

Kamar bertekanan negatif juga membutuhkan fasilitas alarm. Pemasangan alarm ini dilakukan untuk memonitor suplai udara dan exhaust fan yang digunakan di ruang isolasi. Sensor alarm akan mempermudah deteksi kerusakan sehingga bisa diatasi sedini mungkin untuk mencegah penularan penyakit yang diderita oleh pasien. Alarm yang digunakan harus berkualitas baik dan berfungsi optimal.

Desain ruangan bertekanan negatif produksi PT Dorton Teknologi Mandiri menjadi salah satu fasilitas isolasi berkualitas terbaik. Fasilitas ini akan sangat dibutuhkan rumah sakit terutama di kondisi pandemi seperti sekarang. Hubungi kami untuk melakukan pemesanan pembuatan ruang isolasi bertekanan negatif ini.

PEMESANAN

Silahkan hubungi kami untuk pemesanan dan juga konsultasi mengenai Ruangan Bertekanan Negatif Produksi PT Dorton Teknologi Mandiri  Dengan Material Terbaik melalui nomor di bawah ini :

LUKMAN NH
HP/WA 081 288 025 058
E-MAIL Lukman@lukman.co.id

Atau Klik Banner Dibawah

Info terkait:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *