Informasi Harga Hepa Filter Rumah Sakit serta Pengertian dan Fungsinya

Informasi Harga Hepa Filter Rumah Sakit serta Pengertian dan Fungsinya – Area rumah sakit harus dijaga dengan baik demi mengoptimalkan proses perawatan pasien. HEPA menjadi alat yang digunakan untuk menjaga lingkungan khususnya kebersihan udara rumah sakit. Jenis dan harga HEPA filter rumah sakit sangat beragam. Kali ini akan dibahas lebih lengkap mengenai pengertian, fungsi, juga harga alat pembersih udara tersebut.

Pengertian

Mari terlebih dahulu cari tahu apa itu HEPA filter. HEPA filter ini merupakan alat penyaring udara yang bentuknya berupa lipatan-lipatan. HEPA itu sendiri adalah kependekan dari High Efficiency Particulate Air. Alat ini akan membantu menghasilkan udara yang lebih bersih di suatu ruangan sehingga akan jauh lebih sehat dan menurunkan angka penularan penyakit.

HEPA filter ini sebenarnya tidak hanya ditemui di rumah sakit. Alat rumahan seperti air purifier juga menggunakan teknologi yang sama. Sementara itu untuk HEPA filter di rumah sakit umumnya terbuat dari material kertas atau polyester yang dirangkai membentuk sebuah frame. Perannya sama saja yakni menyaring udara dan menghasilkan udara yang jauh lebih bersih ke dalam ruangan.

Rumah sakit biasanya membuat pertimbangan khusus sebelum membeli HEPA filter. Produk ini bisa ditemui dengan spesifikasi yang beragam. Dibutuhkan pertimbangan mengenai kualitas HEPA serta harga HEPA filter rumah sakit. Tentunya diperlukan produk yang tepat dengan spesifikasi harga sesuai ketersediaan anggaran.

Informasi Harga Hepa Filter Rumah Sakit serta Pengertian dan Fungsinya

Fungsi

Alat ini memiliki berbagai fungsi penting. Ini menjadi salah satu alasan pihak rumah sakit rela menghabiskan dana besar untuk mengadakan HEPA filter. Memang sudah menjadi kewajiban bagi rumah sakit untuk memenuhi SOP kelayakan lingkungan. Salah satunya yaitu dengan menyediakan HEPA filter mengingat rumah sakit merupakan lokasi dengan tingkat risiko infeksi virus dan bakteri yang begitu tinggi.

HEPA filter ini mempunyai beberapa fungsi. Berikut adalah fungsi-fungsi dari HEPA filter yang dibutuhkan di rumah sakit:

1. Menyaring Debu

Telah disebutkan sebelumnya bahwa alat satu ini berfungsi untuk melakukan penyaringan udara. Udara yang dihasilkan nanti sudah melewati bagian filter sehingga bebas dari debu dan kotoran. Sebenarnya udara yang dihirup sehari-hari ini mengandung begitu banyak debu dan kotoran yang bisa menurunkan kenyamanan pasien maupun penghuni rumah sakit lainnya.

HEPA filter akan menahan debu dan kotoran tadi kemudian menghembuskan udara yang bersih. Akhirnya udara bersih inilah yang kemudian akan masuk ke ruangan dan dihirup oleh penghuni rumah sakit. Dengan adanya alat ini maka udara kotor dari luar tidak akan bisa masuk ke dalam ruangan.

2. Menyaring Virus dan Bakteri

Tidak hanya menyaring kotoran dan debu, HEPA filter ternyata juga memiliki kemampuan untuk menahan virus dan bakteri. Ukuran filter alat ini sangat kecil sehingga virus dan bakteri pun tidak akan bisa masuk. Itulah mengapa alat ini sangat penting digunakan di ruang isolasi atau ruang operasi yang membutuhkan kondisi steril. Kontaminasi virus dan bakteri dalam udara tidak akan terjadi dengan adanya pemakaian alat ini.

3. Menjaga Kualitas Udara

HEPA filter akan membantu menjaga kualitas udara di dalam ruangan lingkungan rumah sakit. Penting untuk diketahui bahwa rumah sakit memiliki risiko infeksi yang cukup tinggi. Udara menjadi salah satu media penularan infeksi sehingga dibutuhkan alat HEPA filter ini untuk mengendalikannya.

Alat ini akan membantu menghasilkan kualitas udara yang lebih baik. Ruang yang menggunakan HEPA filter akan memiliki kualitas udara yang nyaman dan bersih. Dengan begitu pasien maupun tenaga kesehatan yang bekerja dapat menghirup udara yang steril.

4. Mengendalikan Penularan Infeksi

Fungsi lain dari HEPA filter ini adalah mengendalikan penularan penyakit infeksi. Di situasi pandemi seperti sekarang, penggunaan HEPA filter dinilai efektif untuk menurunkan risiko penularan COVID-19. Tentunya dengan kualitas HEPA filter yang bagus, penularan virus melalui udara dapat dicegah. Itulah mengapa saat ini penjualan HEPA filter meningkat. Harga HEPA filter rumah sakit pun semakin bersaing di pasaran.

Namun sangat penting untuk dipahami bahwa alat ini tidak membunuh virus, khususnya virus Corona. Virus hanya akan tersaring melalui filter sehingga virus pun tetap akan ada. Pemakaian HEPA filter memang akan mengurangi transmisi virus melalui udara namun tetap harus diterapkan protokol kesehatan yang ketat.

5. Menurunkan Risiko Alergi

HEPA filter juga dapat membantu menurunkan risiko alergi. Kontaminan seperti debu, kotoran, virus, maupun bakteri, bisa saja menjadi pemicu alergi bagi tubuh seseorang. Dengan adanya penyaringan oleh HEPA filter maka kondisi alergi ini dapat dicegah. Teknologi yang digunakan oleh HEPA filter ini diketahui ada pada air purifier yang bisa digunakan di rumah-rumah untuk mencegah alergi.

Tentunya spesifikasi HEPA filter yang digunakan di rumah sakit berbeda dengan teknologi air purifier yang dipakai di rumah-rumah. Harga HEPA filter rumah sakit pun juga berbeda dan tentunya akan jauh lebih mahal. Apalagi untuk spesifikasi alat yang cukup tinggi, bisa mencapai milyaran rupiah.

Pemakaian HEPA Filter di Rumah Sakit

Peran dari HEPA filter ini memang begitu banyak dan sangat dibutuhkan. Apalagi untuk lingkungan rumah sakit dengan risiko infeksi dan kontaminasi yang tinggi. Berikut adalah beberapa contoh pemakaian HEPA filter yang bisa ditemui di lingkungan rumah sakit:

1. Ruang Isolasi

Rumah sakit pasti memiliki ruang isolasi untuk merawat pasien-pasien yang membutuhkan perawatan khusus akibat penyakit menular. Contoh paling mudahnya yang sering ditemui saat ini adalah pasien dengan kondisi infeksi COVID-19. Ruang isolasi jelas membutuhkan keberadaan HEPA filter untuk membantu mempercepat proses pemulihan pasien juga menurunkan risiko kontaminasi lewat udara.

2. Laboratorium

HEPA filter juga banyak digunakan di laboratorium. Ruangan ini jelas membutuhkan kondisi udara yang bersih dan terjaga dari kontaminasi. Kontaminasi virus maupun bakteri di udara dapat menyebabkan terjadinya gangguan hasil uji laboratorium. Selain itu pemakaian HEPA filter di laboratorium juga akan menjaga orang-orang yang beraktivitas di sana agar terhindar dari bahaya kontaminan.

3. Kamar Operasi

Berikutnya ada ruang operasi di rumah sakit yang membutuhkan pemasangan HEPA filter. Ruang satu ini membutuhkan kondisi udara yang steril demi menjamin kelancaran tindakan pembedahan. Tentu saja dibutuhkan HEPA filter yang akan menyaring bakteri, virus, juga berbagai kotoran demi menjaga sterilitas udara saat operasi berlangsung.

4. Ruang Inkubasi

Rumah sakit juga memiliki ruang inkubasi yang umumnya digunakan untuk perawatan bayi. Tentunya ruangan ini juga membutuhkan HEPA filter yang akan membantu menjaga kebersihan udara. Keberadaan HEPA filter di ruangan ini akan mencegah bayi terpapar virus maupun kontaminan lain yang berbahaya dan mengancam keselamatan jiwa.

5. Ruang Penyimpanan

Berikutnya ada ruang penyimpanan di rumah sakit yang juga membutuhkan HEPA filter. Ruang yang membutuhkan HEPA filter adalah ruang yang dipakai untuk menyimpan peralatan steril. Sterilitas udara sangat dibutuhkan agar peralatan yang disimpan tidak terkontaminasi oleh bakteri, virus, maupun kotoran. Umumnya dipakai pada ruang penyimpanan peralatan operasi.

Lalu berapa harga HEPA filter rumah sakit yang beredar di pasaran saat ini? Harganya sangat bervariasi mulai dari puluhan juta hingga milyaran rupiah. Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lengkap maupun melakukan pemesanan produk ini.

PEMESANAN

Silahkan hubungi kami untuk pemesanan dan juga konsultasi mengenai Harga Hepa Filter Rumah Sakit melalui nomor di bawah ini :

LUKMAN NH
HP/WA 081 288 025 058
E-MAIL Lukman@lukman.co.id

Atau Klik Banner Dibawah

Info terkait:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *